Andalan

Riders ! istilah-istilah ini penting untuk kamu ketahui dalam dunia sepeda

“bersepeda itu sehat”

Saat kamu bergabung ke dalam dunia atau komunitas sepeda, kamu pasti akan mulai mendengar istilah-istilah baru yang berkaitan dengan dunia sepeda terutama berhubungan dengan track yang akan dilalui.

Berikut ini adalah Istilah-istilah penting dalam track atau rute bersepeda agar kamu semakin tambah wawasan

  1. DH, Uphill, Offroad dan OnRoad

Keempat istilah ini merujuk pada jenis-jenis rute yang dilalui dalam bersepeda. DH atau DownHill digunakan untuk menyebut rute bersepeda yang menurun. Kebalikannya adalah uphill untuk menyebut rute yang menanjak. Sedangkan offroad dipakai untuk menyebut rute bersepeda yang tidak beraspal. Kebalikannya adalah onroad untuk menyebut rute jalan yang beraspal.

2. AM dan MTB

Kedua istilah ini seringkali disamakan. Padahal sesungguhnya kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. AM atau All Mountain digunakan untuk menyebut jenis sepeda MTB yang dipakai pada rute-rute yang ekstrem. Sedangkan MTB atau Mountain Bike digunakan untuk menyebut jenis sepeda gunung yang dipakai pada rute offroad dan onroad.

3. Makadam

Istilah makadam ini diartikan sebagai jalan yang memiliki struktur berbatu. Istilah ini merujuk pada nama John Mc Adam sebagai sosok penemu struktur jalan berbatu. Sebagian pesepeda yang suka dengan tantangan, menjadikan medan berbatu ini sebagai tujuan utama untuk memacu andrenalin. Karena medannya berbatu, maka sepeda yang digunakan pun adalah sepeda khusus. Sepeda yang cocok untuk digunakan pada jenis rute makadam adalah jenis sepeda AM atau MTB yang biasa digunakan untuk rute naik turun gunung yang cukup menantang.

4. Roller Coaster

Istilah penting seputar sepeda berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah Roller Coaster. Istilah ini merujuk pada rute-rute turunan dan tanjakan dengan jarak yang pendek sehingga memaksa pesepeda untuk bergerak dengan cepat. Rute-rute seperti ini biasanya bisa ditemukan di lereng-lereng pegunungan atau perbukitan. Para penyuka sepeda MTB umumnya menyukai rute seperti ini karena sangat menantang. Tak hanya menuntut stamina yang prima saja, rute roller coaster juga melatih para pesepeda untuk menguasai teknik-teknik bersepeda.

5. Hammer

Hammer adalah istilah untuk menyebut posisi mengendarai sepeda sambil berdiri. Saat berdiri inilah, Anda harus mengayuh sepeda dengan tenaga yang ekstra kuat. Biasanya posisi ini sering dilakukan saat di tanjakan. Jadi, wajar jika hammer ini memakan tenaga lebih besar. Posisi yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin cepat membakar kalori dan ingin segera berkeringat.

5. Single track dan double track

Single track mengacu pada jalur tunggal atau jalan kecil yang biasa digunakan orang untuk lalu lalang baik dengan berjalan kaki maupun dengan mengendarai sepeda motor. Sedangkan double track merupakan rute offroad yang cukup lebar dan biasanya dilalui mobil-mobil offroad.

6. Chain Wheel

Chain wheel merupakan set gigi bagian depan yang memiliki ukuran besar. Misalnya jenis sepeda MTB XC yang berjumlah tiga set dan dua set pada jenis sepeda MTB downhill atau AM (All Mountain)

7. Cyclo Comp

Istilah ini mengarah pada sebuah alat yang fungsinya tidak jauh beda dengan speedometer pada motor yakni mencatat kecepatan maksimum, timer, rata-rata dan jarak tempuh. Bentuk cyclo comp ini memang kecil, tapi manfaatnya jauh lebih besar. Adapun beberapa merek cyclo comp yang cukup terkenal, misalnya sigma dan velo.

Nah RIDERS !, itulah 8 istilah penting seputar sepeda yang bisa menambah wawasan kamu. Semakin sering kamu berkumpul, berdiskusi dan mengikuti event sepeda dengan rekan atau komunitas sepeda, pasti “dech” kamu tambah wawasan. seperti acara KFGA 2020 yang akan diadakan pada 5 APRIL 2020 dimana banyak pecinta dan komunitas sepeda baik pribadi dan kelompok yang akan berkumpul untuk bersilaturahmi dan gowes bareng.

Untuk kamu yang mau mendaftarkan diri atau komunitas kamu, pendaftaran telah dibuka dari 6 Februari hingga 31 Maret 2020. Daftar sekarang juga !!

Andalan

Lokasi offroad Bandung – Lembang terbaik

track offroad Lembang Bandung

Jalur Offroad di Bandung yang berlokasi di Desa Sukawana Cikole – Lembang tepatnya di Leuweung Kunthi serta melalui perkebunan teh dan menembus hutan pinus memberikan kesan tersendiri bagi para Offroader dengan menggunakan Landy/Land Rover. Konon, jalur Sukawana-Cikole sudah ada sejak zaman penjajahan.

Awalnya jalur ini jalan setapak kemudian dibuka untuk kegiatan Outbound. Offroad disini pun menjadi pilihan favorit dalam acara family gathering, dengan melalui Trek sepanjang 20 Km, Medan offroad Sukawana-Cikole terbilang berat. Jalur yang membelah Hutan Jatiwangi ini memiliki tiga cekungan dalam berlumpur, terjal, curam dan sempit. Track yang panjang akan mengelilingi Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahuadrenaline akan terus terpacu selama perjalanan.

Buat sobat kataji yang sudah memiliki rencana untuk melakukan kegiatan ini tidak perlu bingung langsung saja menghubungi kami KATAJI GLOBAL EVENT SERVICE dengan paket offroad serta paket-paket outbound menarik lainnya di (022 ) 5203-400.

Serta kunjungi kami di http://www.kataji.co.id